INTSRUMEN AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) 2021
PROGRAM SUDI TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM
Standar 1: VISI dan MISI
- (1) Kesesuaian Visi prodi dengan visi fakultas dan visi UNAND mencakup aspek : 1) mencerminkan visi fakultas dan UNAND; 2) Memayungi visi keilmuan prodi; 3) Mencerminkan keunikan prodi. ----Open-Download----
- (2) Kesesuaian Misi, Tujuan, dan Strategi prodi dengan Misi, Tujuan, dan Strategi fakultas dan UNAND meliputi aspek 1) searah; 2) bersinerji dengan misi, tujuan, dan strategi UNAND; 3) mendukung pengembangan program studi. ----Open-Download----
- (3) Perumusan Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi 1) mengikuti mekanisme penetapan VMTS; 2) proses penetapan terdokumentasi dengan baik; 3) melibatkan stakeholders internal (dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa), dan 4) melibatkan stakeholders eksternal (lulusan, pengguna lulusan, dan pakar /mitra /organisasi profesi /pemerintah). ----Open-Download----
- (4) Rencana: 1) memiliki pengembangan jangka panjang, menengah dan pendek, 2) memiliki indikator kinerja utama dan tambahan, 3) memiliki target untuk mencapai sasaran strategis, 4) berorientasi internasional. ----Open-Download----
- (5) VMTS disosialisasikan: 1) melalui berbagai media, 2) mengukur tingkat pemahamannya, 3) survei dilakukan secara berkala. ----Open-Download----
- (6) Evaluasi visi dan misi telah memenuhi kriteria : 1) Menggunakan analisis yang sistematis, 2) Menggunakan metoda yang relevan, 3) Terdokumentasi dengan baik, 4) mudah di akses, 5) hasil analisis ditindaklanjuti. ----Open-Download----
Standar 2: Tata Kelola
- (7) Sistem tata pamong memenuhi kriteria : 1) memiliki dokumen formal struktur organisasi, 2) memiliki tata kerja lengkap dengan tugas dan fungsinya, 3) dilaksanakan secara konsisten, 4) menjamin tata pamong yang baik, dan 5) dilaksanakan secara efektif dan efisien. ----Open-Download----
- (8) Penerapan tata pamong memenuhi 5 pilar : 1) Kredibel, 2) Transparan, 3) Akuntabel, 4) Bertanggungjawab, dan 5) Adil. ----Open-Download----
- (9) Karakteristik kepemimpinan Ketua Jurusan/Bagian/Program Studi dalam: (1) kepemimpinan operasional, (2) kepemimpinan organisasi, dan (3) kepemimpinan publik. ----Open-Download----
- (10) Ketua Jurusan/Bagian/Program Studi mampu melaksanakan: A. 6 fungsi manajemen secara efektif dan efisien yang mencakup: 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) penempatan personel, 4) pelaksanaan, 5) pengendalian dan pengawasan, dan 6) pelaporan yang menjadi dasar tindak lanjut; B. mengantisipasi dan menyelesaikan masalah pada situasi yang tidak terduga, dan C. melakukan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah. ----Open-Download----
- (11) Terdapatnya indikator kinerja tambahan dengan kriteria: 1) Kurikulum berbasis OBE; 2) Terakreditasi/sertifikasi internasional atau telah benchmarking standar mutu internasional; 3) Kriteria 1 dan 2 telah dimonitor dan dievaluasi, dan 4) hasil evaluasi ditindaklanjuti untuk perbaikan berkelanjutan. ----Open-Download----
- (12) Tingkat kepuasan pengguna lulusan (STKi). ----Open-Download----
Standar 3: Kode Etik
Standar 4: Kerjasama
- (13) Terjalinnya kerjasama yang memenuhi 3 aspek: 1) memberikan manfaat bagi program studi dalam pemenuhan proses pembelajaran, penelitian, dan PkM; 2) meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas pendukung program studi; 3) memberikan kepuasaan kepada mitra industri dan mitra kerjasama lainnya; 4) terjaminnya keberlanjutan kerjasama dan hasilnya. ----Open-Download----
- (14) Terlaksananya kerjasama tridharma perguruan tinggi yang relevan dengan program studi dalam 3 tahun terakhir dengan skor RK. ----Open-Download----
- (15) Terlaksananya kerjasama yang relevan dengan program studi di tingkat internasional, nasional, lokal/wilayah dalam 3 tahun terakhir. ----Open-Download----
Standar 5: Mahasiswa
- (16) Seleksi mahasiswa baru menerapkan : a) uji kognitif, b) uji attitude, c) bentuk uji lain yang relevan dengan karakteristik pembelajaran di program studi. ----Open-Download----
- (17) Rasio keketatan seleksi ----Open-Download----
- (18) Ketua Jurusan/Bagian/Program Studi mengupayakan peningkatan animo calon mahasiswa. ----Open-Download----
- (19) Audit internal terhadap sistem seleksi mahasiswa dan pelayanan mahasiswa dengan kriteria penilaian: a) Ada panduan penerimaan mahasiswa b) Ada bukti pelaksanaan audit internal sistem seleksi mahasiswa dan layanan mahasiswa c) Terdapat tinjauan manajemen sebagai bentuk pengendalian d) Ada bukti tindak lanjut untuk perbaikan sistem seleksi mahasiswa dan layanan mahasiswa ----Open-Download----
- (20) Jumlah mahasiswa asing. ----Open-Download----
- (21) Ketersediaan layanan kemahasiswaan di bidang: 1) penalaran, minat dan bakat, 2) kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan), dan 3) bimbingan karir dan kewirausahaan ----Open-Download----
- (22) Kemudahan akses dan mutu layanan kemahasiswaan di bidang: 1) penalaran, minat dan bakat, 2) kesejahteraan (bimbingan dan konseling, layanan beasiswa, dan layanan kesehatan), dan 3) bimbingan karir dan kewirausahaan ----Open-Download----
Standar 6: Ekstrakurikuler
- (23) Prestasi mahasiswa di bidang akademik dalam 3 tahun terakhir. ----Open-Download----
- (24) Prestasi mahasiswa di bidang nonakademik dalam 3 tahun terakhir ----Open-Download----
Standar 7: Kelulusan
- (25) Rata-rata IPK (RIPK) lulusan dalam 3 tahun terakhir: ----Open-Download----
- (26) Rata-rata masa studi lulusan S1 dalam tahun (MS1) ----Open-Download----
- (27) Persentase kelulusan tepat waktu (PTW) ----Open-Download----
- (28) Persentase keberhasilan studi atau Angka Efisiensi Edukasi (AEE) ----Open-Download----
- (29) Waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama dalam 3 tahun. ----Open-Download----
- (30) Rasio Tingkat dan Ukuran Tempat Kerja Lulusan yang bekerja di badan usaha tingkat multi nasional/internasional, nasional atau berwirausaha berizin, dan tingkat wilayah/lokal atau berwirausaha tidak berizin dengan Jumlah lulusan. ----Open-Download----
Standar 8: SDM
- (31) Kecukupan jumlah dosen tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kompetensi inti program studi (NDTPS). ----Open-Download----
- (32) Kualifikasi akademik Dosen Tetap Program Studi (DTPS). ----Open-Download----
- (33) Jabatan akademik Dosen Tetap Program Studi (DTPS). ----Open-Download----
- (34) Rasio Mahasiswa terhadap Dosen tetap program studi eksakta (RMD) ----Open-Download----
- (35) Kualifikasi akademik dosen pembimbing utama tugas akhir/skripsi yang berpendidikan minimum S-2 dengan jabatan akademik minimum lektor kepala (PDPU) ----Open-Download----
- (36) Rata-rata jumlah mahasiswa bimbingan tugas akhir per Dosen sebagai pembimbing utama pada semua strata per semester (RDPU). ----Open-Download----
- (37) Persentase dosen pembimbing utama yang berpendidikan S-2 lektor kepala atau S-3 (PDPU). ----Open-Download----
- (38) Rata-rata Ekuivalensi Waktu Mengajar Penuh (EWMP) Dosen Tetap Program Studi (DTPS). ----Open-Download----
- (39) Rata-rata jumlah dosen tidak tetap yang ditugaskan sebagai pengampu mata kuliah di program studi (PDTT). ----Open-Download----
- (40) Rata-rata jumlah pengakuan/rekoginisi atas kepakaran/prestasi/kinerja dosen tetap program studi (RRD) per jumlah keseluruhan Dosen Tetap Program Studi (DTPS) dalam 3 tahun terakhir. ----Open-Download----
- (41) Perencanaan dan pengembangan DTPS. ----Open-Download----
- (42) Memiliki tenaga kependidikan yang memenuhi tingkat kecukupan dan kualifikasi untuk melaksanakan : a) Kebutuhan layanan program studi dan mendukung pelaksanaan akademik, b) Fungsi unit pengelola, c) Pengembangan program studi ----Open-Download----
Standar 9: Pendidikan
- (43) Evaluasi dan pemutakhiran kurikulum : a) secara berkala tiap 4 s.d 5 tahun, b) melibatkan stakeholders internal, c) melibatkan stakeholders eksternal, d) direview oleh pakar bidang ilmu program studi, industri, asosiasi. ----Open-Download----
- (44) Capaian pembelajaran : a) diturunkan dari profil lulusan, b) memenuhi level KKNI, c) dimutakhirkan secara berkala tiap 4 s.d. 5 tahun sesuai perkembangan ipteks dan kebutuhan pengguna, d) mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi. ----Open-Download----
- (45) Struktur kurikulum : a) memuat keterkaitan antara matakuliah dengan capaian pembelajaran lulusan yang digambarkan dalam peta kurikulum yang jelas, b) capaian pembelajaran lulusan dipenuhi oleh seluruh capaian pembelajaran matakuliah, c) tidak ada capaian pembelajaran matakuliah yang tidak mendukung capaian pembelajaran lulusan, d) disusun secara logis dan runut dengan tingkat kedalaman yang meningkat dari tahun ke tahun (basic, intermediate, advanced), e) mengakomodir program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) ----Open-Download----
- (46) Pelaksanaan tracer study yang mencakup : 1) terkoordinasi di tingkat PT, 2) dilakukan secara reguler setiap tahun dan terdokumentasi, 3) isi kuesioner mencakup seluruh pertanyaan inti tracer study DIKTI. 4) ditargetkan pada seluruh populasi (lulusan TS-4 s.d. TS-2), 5) hasilnya disosialisasikan dan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran ----Open-Download----
- (47) Mata kuliah keunggulan program studi dalam bentuk teori, praktikum, dan/atau praktik memenuhi aspek: a) mendukung roadmap penelitian, b) mendukung roadmap PkM, dan c) memiliki indikator kinerja tambahan melampaui SN Dikti ----Open-Download----
- (48) Pemenuhan karakteristik proses pembelajaran, yang terdiri atas : a) interaktif, b) holistik, c) integratif, d) saintifik, e) kontekstual, f) tematik, g) efektif, h) kolaboratif, dan i) berpusat pada mahasiswa ----Open-Download----
- (49) Tersedianya proses pembelajaran yang otonom dan fleksibel melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) meliputi: A. Cross enrollment (luar prodi dalam PT yang sama) , B. Credit earning (prodi sejenis atau berbeda pada PT yang lain), dan C. Pembelajaran di luar perguruan tinggi, yang terdiri dari: (1) magang bersertifikat, 2) membangun desa, 3) proyek kemanusiaan, 4) riset/penelitian, 5) asistensi mengajar di satuan kependidikan, 6) kegiatan wirausaha, 7) studi atau kegiatan independen, dan 8) kepedulian bencana ----Open-Download----
- (50) Dokumen RPS: a) memuat capaian pembelajaran matakuliah, b) memuat bahan kajian, c) memuat metode pembelajaran, d) memuat waktu dan tahapan, e) memuat asesmen proses dan hasil capaian pembelajaran, f) memuat meotde pembelajaran blended learning, g) dapat diakses oleh mahasiswa, h) dilaksanakan secara konsisten, dan i) ditinjau dan disesuaikan secara berkala ----Open-Download----
- (51)Isi materi pembelajaran: a) sesuai dengan RPS, b) memiliki kedalaman dan keluasan yang relevan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan, c) ditinjau ulang secara berkala ----Open-Download----
- (52) Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dalam bentuk: a) interaktif antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu, b) on-line dan off-line, c) audio-visual terdokumentasi di i-learn ----Open-Download----
- (53) Pelaksanaan proses pembelajaran: a) dimonitoring dan dievaluasi secara periodik untuk menjamin kesesuaian dengan RPS, b) hasil monev terdokumentasi dengan baik, c) hasil monev digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran ----Open-Download----
- (54) Terlaksananya monitoring dan evaluasi program MBKM meliputi: a) pencapaian CPL sesuai dengan RPS, b) proses pembimbingan oleh dosen home-based, c) proses pembimbingan oleh mitra di lapangan, d) mekanisme konversi nilai, e) alokasi anggaran untuk bantuan mahasiswa mengikuti program MBKM, f) hasil monev terdokumentasi dengan baik, g) hasil monev ditindak lanjuti untuk perbaikan ----Open-Download----
- (55) Integrasi hasil penelitian dosen dalam: a) metode pembelajaran, b) teknologi pembelajaran, c) asesmen mahasiswa, d) bahan ajar ----Open-Download----
- (56) Integrasi hasil PkM dosen dalam pembelajaran. ----Open-Download----
- (55) Terdapat integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran oleh DTPS dalam 3 tahun terakhir (NMKI). ----Open-Download----
- Metode pembelajaran yang diimplementasikan sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah ----Open-Download----
- Pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan (PJP). ----Open-Download----
- Monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran ----Open-Download----
- Pelaksanaan penilaian pembelajaran (proses dan hasil belajar mahasiswa) untuk mengukur ketercapaian capaian pembelajaran ----Open-Download----
- (60) Terdapat kesesuaian teknik dan instrumen penilaian terhadap capaian pembelajaran. ----Open-Download----
- Terdapat bukti pelaksanaan penilaian ----Open-Download----
- Kecukupan dana untuk menjamin pencapaian capaian pembelajaran 3 tahun terakhir serta memiliki kecukupan dana untuk rencana pengembangan 3 tahun ke depan ----Open-Download----
- Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pendidikan (TKM) ----Open-Download----
- Hasil pengukuran kepuasan mahasiswa dianalisis dan ditindaklanjuti, digunakan untuk perbaikan proses pembelajaran, menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran, dan dilakukan secara berkala ----Open-Download----
- (65) Jurusan/Bagian/Program Studi menganalisis pemenuhan capaian pembelajaran (CPL) menggunakan metode yang valid dan relevan ----Open-Download----
- Rata-rata jumlah pertemuan/pembimbingan selama penyelesaian TA/skripsi (RBTA). ----Open-Download----
- Rata-rata waktu penyelesaian penulisan tugas akhir/skripsi (RPTA). ----Open-Download----
Standar10: Suasana Akademik
- (68) Relevansi penelitian di jurusan/bagian/program studi. ----Open-Download----
- Jurusan/Bagian/Program Studi melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ----Open-Download----
- (70) Penelitian Dosen Tetap Program Studi yang melibatkan mahasiswa (PPDM). ----Open-Download----
- Pelaksanaan program dan kegiatan di luar pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik secara berkala. ----Open-Download----
Standar11: Penelitian
- (72) Rata-rata kegiatan penelitian dosen tetap yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir dengan sumber pembiayaan luar negeri per jumlah dosen tetap keseluruhan (RI). ----Open-Download----
- Rata-rata publikasi ilmiah dengan tema yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir (RI). ----Open-Download----
- Rata-rata jumlah artikel karya ilmiah dosen tetap program studi yang disitasi dalam 3 tahun terakhir (RS). ----Open-Download----
- (75) Rata-rata jumlah luaran penelitian dan PkM yang dihasilkan dosen tetap program studi dalam 3 tahun terakhir (RLP). ----Open-Download----
- Rata-rata dana penelitian dosen tetap program studi per tahun dalam 3 tahun terakhir (DPD). ----Open-Download----
- (77)Publikasi ilmiah mahasiswa yang dihasilkan secara mandiri atau bersama dengan dosen tetap program studi. ----Open-Download----
Standar12: Pengabdian Kepada Masyarakat
- Jurusan/Bagian/Program Studi melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan melibatkan mahasiswa program studi dalam 3 tahun terakhir. ----Open-Download----
- Rata-rata kegiatan PkM dosen tetap yang relevan dengan bidang program studi dalam 3 tahun terakhir dengan sumber pembiayaan luar negeri per jumlah dosen tetap keseluruhan (RI) ----Open-Download----
- Rata-rata dana PKM dosen tetap program studi per tahun dalam 3 tahun terakhir (DPkMD) ----Open-Download----
- Luaran penelitian dan PkM (NLP) yang dihasilkan mahasiswa, baik secara mandiri atau bersama dosen tetap program studi dalam 3 tahun terakhir ----Open-Download----
Standar13: Sarana dan Prasarana
- Tersedianya di ruang baca ----Open-Download----
Standar14: Kebersihan, Kesehatan, Ketertiban, dan Keamanan
Standar15: Laboratorium
- Memiliki kecukupan Laboratorium. ----Open-Download----
Standar16: Perpustakaan
Standar17: Sistem Informasi
Standar18: Layanan Umum dan Keuangan
- Keterlaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal. ----Open-Download----
- Terlaksananya pengukuran kepuasan stakeholders (mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, lulusan, pengguna, dan mitra) terhadap layanan jurusan/bagian/program studi ----Open-Download----
- Ketua jurusan/bagian/program studi menyediakan sarana dan prasarana ----Open-Download----